Monday 28 March 2016

Sumber Energi, Penggunaan dan Permasalahannya

2.1. PENGERTIAN ENERGI
Energi atau tenaga adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Energi bersifat kekal, artinya energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dihilangkan. Energi dapat berubah dari bentuk energi yang satu ke bentuk energi lainnya, dan dapat juga menyebabkan perubahan pada benda.
Semua makhluk hidup memerlukan energi. Tumbuh-tumbuhan memerlukan energi matahari untuk membantu dalam proses fotosintesis. Selain itu, tumbuhan juga memerlukan energi yang berasal dari air dan zat mineral lainnya dari dalam tanah.
Manusia memerlukan energi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Mesin kendaraan bermotor juga memerlukan energi dari bahan bakar minyak.

2.2. BENTUK – BENTUK ENERGI
Bentuk-bentuk energi ada beberapa macam, yaitu energi kimia, energi cahaya, energi panas, energi gerak, energi listrik dan masih banyak lagi bentuk-bentuk energi.
1)Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang tersimpan di dalam makanan dan bahan bakar minyak. Ada beberapa contoh sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai sumber energi, misalnya mintak tanah dan bensin. Jika bahan bakar ini terus digunakan, suatu saat akan habis atau disebut tidak dapat diperbaharui. Sedang energi listrik tidak langsung diambil dari alam, melainkan dihasilkan oleh stasiun pembangkit listrik.
2)Energi panas
Energi panas adalah energi yang dihasilkan oleh panas. Contohnya, panas yang dihasilkan oleh kompor dan panas yang dihasilkan matahari.
 Sumber-sumber energi panas, yaitu:
a. Matahari: sumber energi utama yang terdapat di permukaan bumi.
b. Panas bumi yang terdapat terutama di daerah gunung berapi.
c. Batubara
d. Minyak bumi dan gas bumi
Sifat-sifat energi panas antara lain sebagai berikut:
a. Tidak dapat dilihat
b. Tidak dapat didengar
c. Tidak mempunyai bau
d. Dapat berpindah ke tempat lain
Selain memiliki sifat-sifat energi secara umum energi panas juga memiliki sifat khusus. Ketika kita berada di dekat kompor, kita merasa hangat. Ketika kita menjauh dari kompor panasnya akan berkurang. Hal ini menunjukkan bahwa panas mempunyai sifat dapat berpindah ke tempat lain. Semakin dekat dengan sumber panas, panas yang berpindah ke tubuh kita semakin banyak. Semakin menjauhi sumber panas, semakin sedikit pula panas yang berpindah ke tubuh kita.
3)Energi gerak
Energi gerak adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang bergerak. Contohnya energi yang dihasilkan oleh angin dan energi yang dihasilkan oleh mobil yang bergerak.
4)Energi Bunyi
Sumber bunyi adalah benda atau alat yang dapat menghasilkan bunyi. Sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar kita, yaitu :
Lonceng yang dipukul, Dawai gitar yang dipetik, Bom yang diledakkan, Petasan yangdisulut, Peluit yang ditiup, Benda berat yang dijatuhkan dari tempat tinggi
Bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar, semakin kuat benda bergetar semakin kuat bunyi yang ditimbulkannya dan semakin lemah benda itu bergetar semakin lemah bunyi yang ditimbulkan benda tersebut.

5)Energi listrik
Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh aliran listrik.
Lampu, televisi, radio, setrika, mesin cuci, kipas angin, kompor, dan sebagainya dapat menggunakan listrik sebagai sumber energi listrik. Alat listrik membuat hidup manusia menjadi lebih nyaman.

2.3. PERUBAHAN BENTUK ENERGI
Bentuk energi dapat mengalami perubahan. Perubahan bentuk energi dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa contoh perubahan bentuk energi sebagai berikut. 
  1. Perubahan energi kimia menjadi energi gerak, Contohnya, bensin, solar digunakan sebagai bahan bakar yang dapat menjadikan mobil bergerak.
  2. Perubahan energi gerak menjadi energi panas, contoh kedua tangan yang digosokkan akan terasa hangat.
  3. Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi, contoh saat kita bertepuk tangan akan terdengar bunyi.
  4. Perubahan energi panas menjadi energi gerak, contoh kertas yang dibentuk spiral akan berputar saat dipanaskan di atas lilin.
  5. Perubahan energi kimia menjadi energi panas, contoh energi dari makanan yang menghasilkan panas setelah dimakan. Adanya energi panas ditandai dengan timbulnya keringat dari tubuh setelah makan.
  6. Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, contohnya lampu neon, lampu pijar
  7. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, contohnya mesin cuci, bor listrik, blender, mixer, kipas angin, motor, mobil.
  8. Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi, contohnya bel listrik, klakson mobil/motor.
  9. Perubahan energi listrik menjadi panas, contohnya kompor listrik, oven listrik, solder, setrika.

2.4. ENERGI ALTERNATIF ATAU ENERGI TERBARUKAN
Energi alternatif adalah energi pengganti yang dapat menggantikan peranan minyak bumi. Energi alternatif yang sedang dikembangkan adalah energi matahari, energi angin, energi air terjun, gelombang air laut, energi nuklir, dan panas bumi.

  • Macam-Macam Energi Alternatif
Pada saat ini telah dikembangkan berbagai jenis bahan bakar alternatif yang dapat dijadikan sebagai pengganti bahan bakar minyak, antara lain sebagai berikut.

  1. Energi angin
  2. Energi angin dapat digunakan untuk menggerakkan generator yang dapat menghasilkan listrik.
  3. Energi pasang surut air laut
  4. Energi pasang surut air laut dapat digunakan untuk menggerakkan turbin. Turbin dapat menggerakkan generator yang dapat menghasilkan listrik.
  5. Energi air
  6. Air yang ditampung di dalam bendungan memiliki energi potensial. Energi ini dapat digunakan untuk menggerakkan turbin. Turbin yang bergerak dapat menggerakkan generator sehingga menghasilkan arus listrik.
  7. Energi panas bumi
  8. Energi panas bumi adalah energi yang dihasilkan oleh magma di dalam perut bumi. Bantuan panas akan memanaskan air di sekitarnya sehingga menghasilkan sumber uap panas atau geiser. Geiser tersebut dibor dan menghasilkan uap panas. Uap panas tersebut dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik. Energi panas bumi dapat digunakan untuk memanaskan air sehingga menghasilkan uap air.
  9. Energi matahari
  10. Pada saat ini telah dikembangkan sel matahari atau solar sel yang dapat menampung energi matahari. Alat ini mengubah energi matahari menjadi energi listrik.
  11. Gelombang Air Laut
  12. Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.
  13. Bahan Bakar Bio
  14. Bahan bakar bio adalah bahan bakar yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Contoh biodiesel diolah dari biji jarak dan biogas yang diolah dari kotoran hewan. Bahan bakar ini dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor atau memasak.

2.5. SUMBER ENERGI ALTERNATIF
Energi alternatif yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar antara lain pemanfaatan energi matahari, biodisel, biogas, dan biomassa.

  1. Kendaraan dengan sumber tenaga dari matahari atau yang lebih dikenal dengan kendaraan tenaga surya. Jika teknologi ini berhasil, lingkungan sangat diuntungkan, karena mobil tenaga surya tersebut bebas polusi udara dan polusi suara.
  2. Mobil atau mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar solar dapat diganti dengan sumber energi lain yaitu biodisel. Biodisel adalah bahan bakar yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan atau lemak hewan. Biodisel lebih ramah lingkungan dibandingkan minyak bumi.
  3. Untuk memasak kini telah dikembangkan energi alternatif yang bernama biogas. Biogas merupakan energi yang dihasilkan dari penguraian bahan organik, seperti kotoran hewan yang dapat digunakan untuk sumber energi pada kompor.
  4. Energi biomassa adalah energi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang, misalnya tebu. Tebu dapat diolah untuk membuat alkohol. Alkohol dapat dimanfaatkan seperti bensin untuk bahan menggerakkan mesin.

2.6. PENGGUNAAN ENERGI ALTERNATIF
  1. Mobil yang memanfaatkan energi matahari sebagai penggeraknya dinamakan mobil bertenaga surya.
  2. Kompor dengan bahan bakar dari biogas yang ramah lingkungan.
  3. Perahu layar dapat melaju dengan bantuan energi angin.
  4. Angin digunakan sebagai sumber energi listrik dengan menggunakan kincir angin.
  5. Minyak jarak dan minyak dari kelapa sawit mentah untuk menggantikan solar sebagai bahan bakar penggerak diesel.

2.7. KEUNTUNGAN  DAN  KERUGIAN
a. Keuntungan
  • Sumber energi alternatif dapat digunakan terus karena tidak akan habis
  • Energi yang dihasilkan sangat besar
  • Energi alternatif tidak mencemari lingkungan
b. kerugian
  • Dibutuhkan biaya yang sangat besar untuk memanfaatkan energi alternatif.
  • Dibutuhkan teknologi tinggi dan pemikiran yang rumit untuk memanfaatkan energi alternatif.
  • Tersedianya juga dipengaruhi musim. Contoh air akan banyak ketika musim penghujan tetapi akan berkurang ketika musim kemarau.
2.8. PERMASALAHAN SUMBER ENERGI ATAU KONDISI SUMBER ENERGI
 Krisis energi yang terjadi di dunia juga terjadi di Indonesia. Cadangan energi di indonesia terutama energi fosil (minyak bumi, batubara) semakin hari semakin menyusut. Hal ini juga diperparah dengan pemborosan dalam penggunaan energi fosil. Penduduk yang semakin meningkat juga menyebabkan ketersediaan akan energi fosil semakin berkurang karena konsumsi energi per kapita akan meningkat.
                hubungan produksi dan konsumsi minyak di Indonesia produksi tiap tahunnya semakin menurun sedangkan konsumsi tiap tahunnya semakin naik. Pada akhirnya produksi minyak akan lebih rendah jika dibandingkan dengan konsumsinya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya krisis energi.
Dari bermacam-macam sumber energi yang kita gunakan, hampir separuhnya berpotensi untuk menyumbang karbon ke atmosfer. Ada beberapa zat kimia penyebab pemansan global, yaitu menumpuknya unsur karbon dioksida (CO2), metana (CH4), karbon hitam (jelaga) dll. 2 zat tersebut yang berpengaruh besar dalam proses pemanasan global.
Karbon dioksida masuk ke atmosfer dari proses dan pembakaran batu bara (dan bahan bakar fosil lain) untuk listrik dan pemanasan di beberapa negara maju. Metana yang lebih sedikit kadarnya di udara tetapi mempunyai pengaruh rumah kaca (pemanasan global) yang jauh lebih banyak dibanding karbon dioksida. Gas metana banyak berasal dari sumber-sumber perternakan, pengolahan padi, limbah yang terurai di tempat pemrosesan akhir. Lebih dari separuh pelepasan metana ke atmosfer yang dibuat manusia terjadi di bidang pertanian dan peternakan, yang  berasal dari proses pengerjaan pertanian, kotoran ternak, dan penanaman padi.
Sumber terbesar karbon hitam adalah pembakaran biomassa, khususnya pembakaran hutan dan padang rumput, yang kebanyakan untuk membersihkan lahan untuk pertanian. Indonesia sebagai negara kedua penyumbang karbon hitam terbanyak ke atmosfer, diurutan pertama ada Brazil dan diurutan ke 3 ada Afrika Tengah. Padahal negara kita dikenal dengan negara agraris dan dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia yang memiliki hutan masih sangat terjaga keasliannya. Ternyata sistem dan proses pertanian kita yang kurang baik, sehingga menghasilkan karbon hitam dan menyebabkan polusi. Para petani di Indonesia biasa menggunakan sistem ladang berpindah, yang digunakan untuk membersihkan hutan secara cepat untuk pertanian pangan, perkebunan, dan perternakan. Pertanian  dengan sistem modern merupakan salah satu sumber terbesar polusi pemanasan global.
Pemanasan global saat ini telah menjadi isu dunia dimana penyebabnya adalah semakin banyaknya kandungan CO2 di udara. Hal ini tidak lain disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil secara berlebihan dan tanpa kendali. Untuk mengurangi emisi gas CO2 bisa dengan cara membatasi penggunaan energi fosil. Salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan energi fosil dan pemanasan global adalah penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan sebagai sumber energi alternatif. Penggunaan energi terbarukan ini tentunya juga harus memperhatikan lingkungan, ketersediaan sumber daya serta teknologi untuk mengkonversi.



Refferensi :

sumber : buku BSE IPA kelas 7
Sulistyanto, heri. Edi wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Rositawaty, S. Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV
SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
http://pelajaran-ipa-sd.blogspot.co.id/2015/02/energi-dan-penggunaannya.
http://fadilahmadnur.blogspot.co.id/2013/06/sumber-energi-sumber-masalah.

untuk mengunduh file nya kamu bisa download disini
kamu juga bisa mengunduh file pdfnya disini

No comments:
Write comments